Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang. Dok: IP/Agung

JAKARTA – Komisi II DPR menggelar rapat kerja dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto .Dalam rapat tersebut, DPR mendorong Hadi Tjahjanto memberantas mafia tanah.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan, ada beberapa pihak yang bermain menjadi mafia tanah. Misalnya, oknum internal Kementerian ATR/BPN dan Aparat Penegak Hukum (APH).

“Pertama oknum ATR/BPN sendiri. Kemudian APH Peradilan. Pak Menteri tidak perlu lagi mencari cukongnya siapa, mafia tanahnya siapa,” ujar Junimart dalam Rapat Kerja dengan Menteri ATR/BPN, Senin (21/11/2022).

Junimart menyarankan Kementerian ATR/BPN membangun komunikasi dengan APH. Misalnya menempatkan anggotanya bersama kepolisian dan kejaksaan sebagai bagian dari penyidikan.

Pasalnya, selama ini banyak APH yang tidak paham pertanahan namun memeriksa masalah pertanahan. Menurutnya hal ini justru bisa menjadi boomerang.

“Mereka (APH) kurang paham, saya sempat sampaikan ke petinggi polri. Mereka nggak paham tapi periksa tanah. Ahli pertanahan saya sampaikan meski hanya saksi ahli itu, saya bukan tidak setuju, saya tidak setuju murni dipakai dari orang-orang akademisi. Pakai saja orang BPN,” jelasnya.

Jurnalis: Agung Nugroho