Sepebrasi pemain Jepang usai menang melawan Spanyol di Piala Dunia 2022. Dok: ist

DOHA – Tim Samurai Jepang mengakhiri fase grup Piala Dunia 2022 dengan perkasa mengalahkan Jerman dan Spanyol. Jepang memberikan bukti, permainan cantik tidaklah jaminan tiga poin.

Jepang menutup Grup E Piala Dunia 2022 dengan senyum lebar. Samurai Biru menjadi pemuncak klasemen dengan enam poin.

Jepang ditemani Spanyol untuk lanjut ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Spanyol punya empat poin, sama dengan Jerman di bawahnya tapi unggul selisih gol (+6 berbanding +1).

Dilansir dari BBC, Jepang mampu taklukkan kedua raksasa Eropa di grup neraka tersebut. Jepang tekuk Jerman 2-1 di matchday pertama dan terbaru bungkam Spanyol 2-1 di mathcday terakhir yang digelar di Khalifa Stadium, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Sejak tahun 1966 kala rekor-rekor Piala Dunia mulai terperinci, ada catatan menarik buat Jepang. Jepang adalah satu-satunya tim yang bisa menang kala hadapi lawan dengan total umpan 700-an sepanjang laga!

Rinciannya, Jerman catatkan 771 umpan ketika hadapi Jepang. Kalau Spanyol, sampai 1.058 umpan.

Jepang rata-rata hanya lakukan 200-an umpan ketika masing-masing hadapi dua negara itu dan kalah telak dalam penguasaan bola.

Namun hasil akhir, Jepang yang menang dengan mengandalkan serangan balik cepat dan efektif dalam selesaikan peluang-peluang.

Malah di dua laga tersebut, Jepang ketinggalan lebih dulu dan akhirnya bisa comeback. Skornya sama-sama 2-1, dalam skenario dua gol dalam tempo cepat.

Selanjutnya di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Jepang akan hadapi Kroasia pada 5 Desember mendatang.

Jurnalis: Agung Nugrohi