Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini. Dok: Kemenpanrb

JAKARTA – Sebagai upaya dalam mengendalikan faktor risiko penyakit tidak menular dan menjaga kesehatan, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mendorong pegawai untuk melakukan pola hidup sehat, salah satunya melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Kita ciptakan lingkungan kantor, lingkungan kerja kita menjadi lingkungan yang sehat, bersih sehingga kita bisa bekerja dengan nyaman, aman dan tetap sehat untuk menjalankan tugas-tugas berat yang akan kita lakukan di masa yg akan datang,” kata dia dalam seminar dan sosialisasi kesehatan dengan tema “Mengendalikan Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular dan Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja Melalui Germas”, di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Untuk diketahui, seminar dan sosialiasi yang diselenggarakan secara hibrida ini merupakan sebuah upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan pemahaman pegawai dalam mempersiapkan diri untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal.

Kementerian PANRB berhasil menjadi juara dalam Germas Awards pada Kategori Pembudayaan Germas Kementerian/Lembaga Terbaik Tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rini berharap, agar capaian yang telah diraih tidak hanya sekadar penghargaan, namun juga dapat diimplementasikan oleh pegawai. Menurutnya, kesehatan sangat berpengaruh bagi kinerja pegawai. Apabila tidak sehat, maka pegawai tidak bisa bekerja dan tidak berproduktif dengan baik.

“Tentu saja kalau kita tidak sehat kita akan membawa dampak yang tidak baik bagi keluarga, dan rekan kerja,” ungkap Rini.

Lebih lanjut Rini meminta kepada seluruh pegawai Kementerian PANRB untuk mendukung semua program-program kesehatan yang ada di kantor. Dikatakan, saat ini program-program di Kementerian PANRB masih dilakukan pengembangan untuk bisa mendukung kesehatan pegawai.

“Secara rutin kita melakukan tes swab antigen, ruangan kesehatan, apotik, dan nanti kita akan kembangkan dan perbaiki ruangan kesehatan dan lingkungan kerja secara perlahan, sehingga pekerja di lingkungan Kementerian PANRB bisa bekerja dengan baik,” tutur Rini.

Jurnalis: Agung Nugroho