Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto melakukan pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, Rabu (15/3/2023). Dok: ATR/BPN

JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto melakukan pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, Rabu (15/3/2023).

Salah satu yang dibahas pada pertemuan itu yakni pelaksanaan Reformasi Birokrasi, implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan juga terkait dengan peningkatan pelayanan publik.

Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih kepada Abdullah Azwar Anas atas kepercayaan kepada Kementerian ATR/BPN yang telah menilai baik dalam menjalankan pelayanan publik. Ini sebagai ketegasan Hadi untuk terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada publik.

“Kementerian ATR/BPN terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik yang saat ini secara digital ada empat aplikasi, yang mana bisa melayani, serta mengurai daripada kepadatan 40-50% layanan,” tutur Hadi Tjahjanto.

Terkait dengan pertemuan itu, Hadi Tjahjanto akan menindaklanjuti peningkatan pelayanan publik secara elektronik khususnya di tingkat wilayah provinsi dan kabupaten/kota. Menurutnya, hal ini sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan pertanahan dan tata ruang.

“Dan sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada Menteri PANRB, dan komitmen kami terus akan meningkatkan pelayanan secara elektronik,” imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama Abdullah Azwar Anas menyampaikan arahan presiden mengintegrasikan sistem di Kantor Pertanahan dengan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital. Dia mengapresiasi atas sambutan baik dari Menteri ATR/Kepala BPN yang telah bersedia dan mempercepat pengintegrasian sistem tersebut.

“Jadi kendala di daerah yang di MPP satu ruangan dengan BPN tapi belum terkoneksi akan segera diatasi, sehingga MPP Digital yang jadi pilot project di beberapa daerah akan segera ada solusi,” kata Abdullah Azwar Anas.

Jurnalis: Agung Nugroho