Pemudik padati Stasiun Senen, Jakarta. Dok: Kemenhub

JAKARTA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan sebanyak 585 unit bus pada program Mudik Gratis 2023 sebagai upaya untuk menekan angka penggunaan sepeda motor oleh para pemudik.

“Kami punya sistem yang baru yang mungkin hari ini akan kami launching untuk masyarakat yang ingin mudik gratis bisa nanti mendaftar secara online,” kata Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Ditjen Perhubungan Darat, Senin (13/3/2023).

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai program mudik gratis Kemenhub tahun ini, simak artikel berikut.

Melansir akun Instagram resmi Ditjen Perhubungan Darat dan Kemenhub, program mudik gratis itu secara resmi dibuka pada hari ini, Senin, 13 Maret 2023. Pendaftaran dimulai sejak pukul 14.00 WIB secara online melalui aplikasi MitraDarat.

Aplikasi ini sudah tersedia di PlayStore maupun AppStore. Namun untuk menggunakannya, masyarakat harus melakukan pembaruan terlebih dahulu ke versi 1.0.4 untuk Android dan 1.02 untuk iOS.

Kemenhub telah menyiapkan 459 armada bus untuk 28 kota tujuan arus mudik yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Timur, serta Sumatera. Untuk Jawa Barat ada Garut, Tasik, dan Cirebon.

Untuk Jawa Tengah dan DIY, kota tujuannya terdiri dari Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Untuk Jawa Timur ada Tuban, Madiun, Surabaya, Malang dan Tulungagung. Sementara ke Sumatera hanya ada dua kota tujuan yaitu Lampung dan Palembang.

Kemenhub juga menyediakan 126 armada bus dengan delapan kota asal arus balik Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Dengan jumlah tersebut, Kemenhub menyediakan 24.072 kuota penumpang untuk arus mudik dan balik yang dibagi sebanyak 18.528 untuk penumpang mudik dan 5.544 penumpang balik.

Pendaftaran untuk mudik dan balik itu dibuka hingga 14 April 2023. Namun karena kuota terbatas, pendaftaran akan ditutup apabila kuota sudah penuh.

Jurnalis: Agung Nugroho