Arus mudik didalam rol Cipali

JAKARTA – Pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno mengatakan jalan tol Trans Jawa masih menjadi pilihan utama bagi pengguna selama mudik lebaran. Hal ini lantaran pemudik merasa jalan tol akan lebih mempermudah perjalanannya menuju kampung halaman.

Selain itu, dia menilai kelancaran, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan menjadi pertimbangan masyarakat menggunakan lebih memilih menggunakan jalan tol.

“Sementara memilih jalan alternatif harus berhati-hati dengan sepeda motor.J ika malam hari masih ada jalan alternatif yang belum dilengkapi dengan rambu dan lampu penerangan jalan,” kata Djoko Setijowarno kepada Indonesiaparlemen.com, Rabu (22/3/2023).

Kemacetan saat mudik, kata dia, tidak bisa dihindari atau dihilangkan. Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah mengendalikan kemacetan lalu intas yang terjadi dan fokus pada keselamatan.

“Jalan di Indonesia baik jalan tol maupun arteri bukan dirancang untuk volume lalu lintas seperti lebaran yang volumenya luar biasa dalam waktu singkat bergerak bersama, sehingga pengendalian dan pengaturan yang perlu dimatangkan,” jelasnya.

Jurnalis: Dirham