Acara ini bertempat di Aula Rahan, lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (2/8/2023). Dok: Hum

PALANGKARAYA – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Palangka Raya menggelar acara pelantikan dan pengambilan sumpah 14 orang dokter baru angkatan XXV.

Acara ini bertempat di Aula Rahan, lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (2/8/2023).

Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin Arifin menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran UPR sejak tahun 2016 sudah meluluskan dokter sebanyak 303 orang termasuk yang diambil sumpahnya pada hari ini, yang mana lulusan FK UPR sudah ditempatkan di berbagai institusi pelayanan kesehatan dan pendidikan yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia.

“Lulusan dari FK UPR ini sudah bertempat di Kalimantan dan beberapa di luar Kalimantan, dan ada juga yang telah melanjutkan ke jenjang pendidikan magister dan dokter spesialis,” kata dia.

Dia mengatakan, bahwa pada tahun 2023 ini, seluruh unsur civitas akademika FK UPR juga akan berkonsentrasi terhadap jalannya program studi baru, Teknologi Laboratorium Medis yang berdasarkan hasil dari penerimaan seleksi mandiri, kuota sudah terpenuhi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili Yuna Kornelis menyebut diperlukan kontribusi dari para dokter baru.

“Yang mana dalam hal ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran UPR yang siap untuk mengabdikan seluruh potensi ilmu dan pengetahuannya di seluruh wilayah di Kalimantan Tengah guna mendukung sasaran pokok sasaran pokok dari RPJMN 2020-2024,” jelas dia.

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak mengucapkan selamat kepada 14 orang dokter baru yang sudah diambil sumpahnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada para orang tua/wali mahasiswa yang telah mengantarkan putra dan putrinya hingga ke jenjang pendidikan tinggi dan rasa terima kasih atas kepercayaan orang tua/wali mahasiswa yang telah mempercayakan UPR sebagai tempat menyelesaikan pendidikan.

“Terima kasih khusus nya kepada orang tua atau wali mahasiswa telah mempercayakan kepada UPR yang dalam Hal ini Fakultas Kedokteran sebagai tempat pendidikan anak-anak nya,” ujar dia.

Jurnalis:  AF