PALANGKARAYA – Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Seperti yang dilakukan warga kampung baru Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyambut HUT RI ke-78 dengan mengadakan lomba senam dan berhias untuk para lansia.

“Senam Lansia ini bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi semangat para lansia agar tidak hanya yang muda yang bisa mengikuti lomba tapi yang tua pun bisa melakukannya,” kata ketua panitia kegiatan Holis Perdana kepada Indonesiaparlemen.com, Selasa (22/8/2023).

Holis mengatakan perlombaan selalu diadakan setiap tahun di setiap momen hari kemerdekaan republik Indonesia. Dan sudah menjadi tradisi warga Pahandut sejak tahun 2017 silam.

warga kampung baru Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyambut HUT RI ke-78 dengan mengadakan lomba senam dan berhias untuk para lansia. Dok: IP

Dia menerangkan sebelum lomba di mulai para lansia di periksa tekanan darahnya agar saat lomba berlangsung peserta dalam kondisi sehat.

“Pemeriksaan tekanan darah dilakukan agar kebugaran para lansia tetap terjaga saat melakukan lomba,” ucap dia.

Dia berharap dan mendoakan agar para lansia yang berada di kampung baru tersebut tetap semangat dan selalu sehat.

Siti salah satu peserta lomba mengaku senang bisa mengikuti lomba tersebut karena bisa bertemu dengan teman-temannya sesama lansia.

“Saya sudah ikut lomba ini hampir setiap tahun. Saya senang dan bahagia disaat seperti ini saya bisa kumpul dengan kawan saya sesama lansia,” ujar dia.

Jurnalis: AF