PALANGKARAYA – Polsek Bukit Batu jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng dengan sigap bergerak untuk menangani peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada wilayah hukumnya.

Kapolsek, Ipda Iwan Kushadinoto dan Bhabinkamtibmas, Aiptu Abdul Azis mendatangi TKP guna membantu pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Parawai, Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (3/9/2023) pagi.

“Polsek Bukit Batu bersama Dishut Provinsi Kalteng, Babinsa TNI dan MPA Kelurahan Marang akan melakukan pemadaman karhutla di kawasan Jalan Parawai, yang diketahui setelah menerima informasi dari Satelit NASA-Modis,” ungkap Iwan.

Berdasarkan keterangan Ipda Iwan Kushadinoto, area yang terbakar pada lahan tersebut diperkirakan seluas kurang lebih 3 hektare, dengan struktur tanah yakni gambut dan permukaannya dipenuhi rerumputan dan dedaunan kering.

“Pemadaman dilakukan mulai pukul 09.00 WIB menggunakan mesin pompa diesel dengan mengambil air dari parit terdekat, sembari juga memetakan lahan yang terbakar dan mencari tahu identitas pemiliknya,” terangnya.

“Selanjutnya kita juga akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran lahan, sebagaimana atensi dari pimpinan terkait keseriusan untuk menangani peristiwa karhutla,” pungkasnya.

Jurnalis: AF