Kapal Selam TNI AL

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Satu dari lima kapal selam milik TNI Angkatan Laut hilang kontak di Selat Bali saat menggelar uji coba latihan di perairan tersebut. Kepala Dinas Penerangan TNI AL Julius Widjojono menyebut kapal selam KRI Nanggala tersebut hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi tadi.

“Hilang kontak subuh tadi,” kata Julius saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

KRI Nanggala-402 adalah salah satu kapal selam yang telah dioperasikan oleh TNI AL. Kapal ini merupakan kapal selam buatan Jerman pada 1979 lalu.

Diketahui KRI Nanggala-402 juga merupakan kapal yang sudah cukup tua buatan industri Howaldt Deutsche Werke (HDW), Kiel, Jerman Barat.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispen) Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan 53 awak masih berada di Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang diduga tenggelam setelah hilang kontak saat melakukan latihan di perairan Bali.

“Ada 53 orang di kapal selam,” kata Julius dalam keterangan.

Hingga saat ini kata dia, anggota TNI AL masih melakukan pencarian terhadap kapal yang hilang kontak sejak pagi tadi. Meski begitu saat ini pihaknya juga telah menemukan titik koordinat hilangnya salah satu dari lima kapal selam milik TNI itu.

Editor: Redaksi