Nasional

Ke Bekasi, Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Kerjasama RI-Cina

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memantau pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung di 2 titik.

BEKASI, INDONESIAPARLEMEN – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memantau pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung di 2 titik.

Pertama casting Yard #1 di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi dan titik kedua yakni di Tunnel #1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa (18/5/2021).

Lokasi tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dilanjutkan kunjungan kedua Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Tunnel #1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.

Baca Juga :  Pemerintah Akan Buka Lowongan 1,3 Juta CASN

Terowongan yang memuat dua lintasan kereta cepat tersebut memiliki panjang 1,8 kilometer dan melintas di bawah tol Jakarta-Cikampek.

Pembangunan kereta cepat saat ini digarap oleh PT Kereta Cepat Indonesia-Cina atau KCIC yang berjalan secara paralel, Pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada tahun 2022.

Pembangunan yang dimaksud mulai dari pembangunan jalur kereta, pembangunan stasiun dan sarana penunjang lainnya.

Baca Juga :  Jokowi Ambil Alih Proyek Hambalang Yang Mangkrak

Dalam peninjauan itu, Jokowi meninjau casting yard, yakni sebagai tempat fasilitas produksi pembangunan sarana fisik jalan layang kereta cepat Jakarta – Bandung.

Hadir pula, Duta Besar Cina untuk Indonesia, Presiden pun meminta agar proyek pembangunan ini bisa sekaligus transfer teknologi.

“Kita harapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, rencananya,” Kata Jokowi.

Reporter: Agung
Editor: Angie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button