Foto: ilustrasi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki cadangan tembaga sangat besar masuk tujuh besar dunia.

“Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar, sangat besar, masuk dalam kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia ini. Ini yang banyak kita enggak tahu,” kata Jokowi dalam peresmian groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

Potensi yang sangat besar ini, lanjut Jokowi, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah bagi ekonomi nasional.

“Jangan sampai kita memiliki tambang, kita memiliki konsentrat, smelter-nya, hilirisasinya ada di negara lain. Seperti tak disampaikan Pak Menteri ada di Spanyol, ada di Jepang, nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka,” ujar Jokowi.

Hal ini yang menjadi alasan smelter PT Freeport ini dibangun di dalam negeri, yaitu di Gresik, Jawa Timur. Ini merupakan sebuah kebijakan strategis terkait dengan industri tambang tembaga setelah pemerintah menguasai 51% saham Freeport. “Saat itu juga, kita mendorong agar Freeport bangun smelter di dalam negeri. Karena sekali lagi, kita ingin nilai tambah itu ada di sini,” tegas Jokowi.