Hutomo Mandala Putra saat menjadi pembicara dalam acara Obrolan Merah Putih, Kamis (28/10/2021). Dok: IP

JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Nusantara dan Media Indonesia Parlemen melaksanakan program dialog dwi mingguan bertajuk Obrolan Merah Putih.

Budiman T Soelaim selaku ketua umum DPP Aliansi Nusantara mengatakan, dengan hadirnya Obrolan Merah Putih ini, agar menjadi tempat lahirnya gagasan dan ide untuk bangsa.

“Sekaligus memberikan pelajaran bagi masyarakat untuk berani menguji pendapat atau mempertanggung-jawabkan gagasannya didepan publik,” kata Budiman kepada Indonesiaparlemen.com, Minggu (31/10/2021).

Budiman berharap dengan begitu semua gagasan dan ide itu fokus untuk memperbaiki bangsa ini kedepan. “Jangan lagi menghambur-hamburkan energi untuk hal-hal yang kontraproduktif bagi bangsa ini,” tambah dia.

Ketua Umum DPP Aliansi Nusantara, Budiman T Soelaim dan Ketua Panitia, Ranto MH Manik saat berfoto bersama Hutomo Mandala Putra, Kamis (28/10/2021). Dok: IP

Ranto MH Manik selaku ketua panitia Obrolan Merah Putih berujar hasil dari diskusi akan dikaji dengan risalah poin-poin yang sesuai untuk disampaikan kepada instansi atau lembaga terkait.

“Kami lakukan pendampingan serta pengawalan jika memang diperlukan sampai minimal hasil dari apa yang disampaikan atau direkomendasikan boleh berjalan baik,” terang dia.

Bukan tanpa alasan memilih Kedai Kopi Merah Putih sebagai lokasi program ini. Menurut Ranto, Semua diskusi dan obrolan selalu terjadi diwarung kopi.

“Mulai dari bicara bisnis, politik dan lainnya. Ini juga kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap apa yang menjadi keluhan dari masyarakat di daerah yaitu khususnya petani kopi,” ucapnya.

Dia menyinggung minimnya perhatian dari pemerintah untuk petani-petani kopi di Indonesia, padahal Indonesia terkenal sebagai negara penghasil kopi berkualitas.

“Ini menjadi konsern kami, maka itu kami bekerjasama dengan Kedai Kopi Merah Putih yang memiliki binaan petani-petani kopi dari Sabang sampai Merauke,” jelasnya.

Rosa Adang Ibrahim selaku Pemimpin Perusahaan Media Indonesia Parlemen mengaku senang bisa ikut berkontribusi dalam Obrolan Merah Putih bersama Aliansi Nusantara.

“Salah satu fungsi media yakni melakukan misi sosialisasi untuk edukasi masyarakat. Aliansi Nusantara mempercayakan itu kepada Indonesia Parlemen,” ujar Adang.

Sebagai informasi, edisi perdana Obrolan Merah Putih digelar Kamis, 28 Oktober 2021 lalu. Acara tersebut turut dihadiri sejumlah tokoh salah satunya Hutomo Mandala Putra.

Dalam diskusi tersebut, Tommy sapaan akrab putra bungsu mantan Presiden Soeharto itu mengutarakan dukungannya terhadap iklim pertanian di Indonesia khususnya petani kopi.

“Pandemi ini jangan menjadi hambatan, karena manusia tidak akan berhenti minum kopi. Sehingga peluang ini yang harus dimanfaatkan petani kopi agar terus meningkatkan kualitas kopinya,” ujar Tommy saat berbincang dengan seorang petani kopi dari Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.