PALANGKARAYA – Perhimpunan Mahasiswa Hindu Universitas Palangkaraya (PMH UPR) Melaksanakan Dharma santi sebagai rangkaian perayaan nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Kegiatan Dharma santi digelar pada hari Minggu 7/4/24 yang bertempat di aula UPR ini mengambil tema “Sat Cit Ananda untuk Indonesia Jaya” dengan sub tema “melalui Dharma santi Universitas Palangkaraya kita wujudkan Sat Cit Ananda dalam kehidupan dengan menumbuhkan kesadaran Spirit Generasi muda untuk menghadapi Diversitas”.

Pembina PMH UPR Ida Bagus Suryanatha  menyampaikan terima kasih kepada perwakilan Bimas Hindu Kanwil Kemenag Kalteng beserta seluruh tamu undangan.

Dalam rangkaian Dharma santi Nyepi ini sebelumnya telah dilaksanakan beberapa lomba diantaranya Tri Sandya,Kandayu/Kidung Suci,Lagu Rohani,karungut dan lomba Make Up yang di ikuti oleh peserta pelajar dan mahasiswa seluruh Se-kota Palangkaraya.

Rektor Universitas Palangkaraya yang diwakili oleh Direktur Pascasarjana UPR Prof I Nyoman Sudyana dalam sambutan nya menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Kepada seluruh umat Hindu diseluruh Indonesia.

“Pelaksanaan Dharma Santi Nyepi ini Merupakan rangkaian dari Hari Raya Nyepi yang dimana sebelumnya umat Hindu Telah melaksanakan Catur Brata Penyepian yang terdiri ,Amati Karya(Tidak bekerja),Amati Lelungan (tidak bepergian),Amati Geni(tidak menyalakan Api),dan amati Lelanguan (tidak bersenang-senang).
Dimana Catur Brata Penyepian ini bermakna bagi umat Hindu untuk introspeksi,pembersihan diri dan pemulihan,” kata dia.

Terakhir Nyoman juga menjelaskan perayaan Nyepi kali ini bersamaan dengan bulan puasa ramadhan,momentum tersebut mengajar kan bahwa toleransi dan hidup rukun berdampingan antar umat beragama.

“Dan sikap saling menghormati dalam menjalankan agama adalah modal besar bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang Jaya,” ucap dia.

Adapun kegiatan ini di hadiri oleh civitas Akademika UPR,Perwakilan Bimas Hindu Kemenag Kalteng,Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Provinsi Kalimantan Tengah,Organisasi Pemuda Hindu Se-kota Palangkaraya,serta unit kegiatan mahasiswa di lingkungan Universitas Palangkaraya.

Jurnalis: AF