Hari Ini Calon Panglima TNI Andika Perkasa Jalani Tes Uji Kelayakan

  • Bagikan
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa

JAKARTA – Calon tunggal Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR. Persyaratan dokumen Andika telah dinyatakan lengkap.

“Pimpinan Komisi I dan Kapoksi telah melakukan verifikasi dokumen terhadap calon Panglima TNI atas nama Andika Perkasa, menyatakan telah lengkap untuk dokumen,” kata Ketua Komisi I Meutya Hafid melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/11/2021).

Adapun berkas yang diverifikasi yaitu data riwayat hidup, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga. Lalu, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), dan Surat Keterangan Bersih Diri/Sehat (SKBD).

Baca Juga :  Diserang DPR Soal Dana Pembatalan Keberangkatan Haji, Kemenag Beri Pembelaan

Dipastikan Andika bertubuh sehat secara jasmani dan rohani sesuai keterangan dokter. Selain itu, dokumen kelengkapan terkait kesehatan juga dilengkapi dengan hasil polymerase chain reaction (PCR) negatif untuk pencegahan covid-19.

“Dengan demikian lengkap verifikasi administrasi,” ucap Meutya.

Andika akan menjalani proses fit and proper test serta disusul dengan pendalaman lewat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang berlangsung hari ini pukul 10.00 WIB. Dalam dokumen yang diterima Medcom.id, penyampaian visi dan misi calon Panglima TNI oleh Andika Perkasa dilakukan secara terbuka.

Baca Juga :  Jokowi Marah Soal Impor, Firli: Ada Hubungannya dengan Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

Sedangkan penyampaian strategi dan kebijakan hingga pendalaman pertanyaan oleh fraksi-fraksi dilaksanakan secara tertutup. Rangkaian kegiatan itu juga dilakukan dengan waktu yang dibatasi.

Andika menjadi calon tunggal untuk mengganti posisi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan mengakhiri masa baktinya pada akhir November 2021. Ia menjadi calon tunggal melalui surat yang diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR lewat Surat Presiden (Surpres) bernomor R-50/Pres/10/2021.

 

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.