Presiden Jokowi saat memberi sambutan pada Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021, Rabu (10/11/2021) malam, di Jakarta Convention Center, Senayan, DKI Jakarta. Dok: Setkab.

JAKARTA Presiden Jokowi menghadiri Festival Film Indonesia (FFI) 2021 yang digelar Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu, 10 November 2021 malam. Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi sineas yang memenangkan sejumlah penghargaan di luar negeri.

Jokowi tampak hadir ke FFI 2021 bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dan didampingi aktor Reza Rahadian selaku Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI).

Jokowi mengaku bangga dengan pencapaian sejumlah sineas Indonesia meraih penghargaan di festival film luar negeri. Meski dibuat selama pandemi, Jokowi menganggap sineas Indonesia tetap tidak kehilangan produktivitas dan kualitasnya.

“Saya bangga di masa pandemi industri film Indonesia meraih banyak prestasi yang gemilang di dunia film internasional. Prestasi yang mengungguli negara lain di Asia Tenggara. Saya melihat memang bermacam-macam arah sudut cerita yang diambil, seperti tadi mengenai syariah di Aceh, ada mengenai perempuan yang ada di penjara yang melahirkan anak,” kata Jokowi, Rabu (10/11/2021).

Setidaknya ada empat film yang berhasil meraih penghargaan di luar negeri yaitu, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya sutradara Edwin yang menjadi pemenang Golden Leopard di Locarno Film Festival. Lalu ada film Yuni karya Kamila Andini yang memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021.

“Kemudian Tumpal Tampubolon melalui karya Laut Memanggilku memenangkan Sonje Award Busan International Film Festival. Kemudian Monica Tedja melalui karya Dear to Me, memenangkan Junior Jury Award – Special Mention Open Doors: Shorts Locarno Film Festival,” ucap Jokowi.

Para sineas yang meraih penghargaan lalu diundang ke atas panggung untuk berpose bersama. Jokowi berharap prestasi yang diraih empat film tadi memicu sineas lain untuk membuat karya berkualitas lain. Tak lupa membuat film yang mengangkat keindahan Indonesia.

“Saya berharap para sineas dan aktor aktris dan seluruh stakeholder terus memupuk mimpi besar menguatkan kolaborasi dengan pusat-pusat perfilman dunia menggali dan mengangkat cerita unik, tempat indah dan talenta hebat kita,” tutup Jokowi.