Foto: ilustrasi

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan tips isolasi mandiri  (Isoman) untuk masyarakat yang terpapar Covid-19, dan bagaimana cara Isoman di rumah.

Dalam postingannya, Anies memberikan langkah bagi masyarakat agar mempermudah proses isolasi. Ia menganggap langkah tersebut dapat mencegah penularan Covid-19.

“Berikut cara merawat pasien Covid-19 di rumah, sambil melakukan langkah pencegahan agar tidak terpapar,” ujar Anies dalam postingan instagram Aniesbaswedan, Selasa, (8/2/2022).

Langkah awal ialah mempersiapkan ruangan terpisah dengan ventilasi yang baik, menentukan  siapa yang akan merawat, tidak menerima tamu, gunakan masker dan jarak dengan pasien yang terpapar, rajin cuci tangan dan pisahkan makanan dan peralatan makan.

Langkah kedua, mantan Mendikbud itu menuturkan, bagi pasien positif, harus mendapatkan gizi makanan dan minuman serta istirahat yang cukup, kemudian melanjutkan pengobatan bila ada penyakit lain, ikuti panduan berobat serta hubungi petugas jika gejala semakin buruk.

Terakhir, kata Anies, membagikan kriteria yang mudah terpapar Covid-19. “Di antaranya, lansia, ibu hamil berusia 35 tahun ke atas, serta orang yang memiliki penyakit berat seperti, kanker, jantung, paru, obesitas dll,” ujarnya