Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto. Dok: Hum

JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menghadiri perayaan Iduladha 1443 H di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Dalam momen tersebut, Hadi Tjahjanto menyerahkan satu ekor sapi secara simbolis kepada Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nuurur Rahman Kementerian ATR/BPN di halaman Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Hadi mengatakan pentingnya mencontoh sifat rela berkorban dan sifat ketakwaan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

“Bahwa setiap manusia hendaklah rela berkorban, baik dengan harta benda, jiwa raganya bila diperlukan, baik itu untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, dan khususnya bagi agama kita,” kata dia kepada wartawan, Senin (10/7/2022).

Dia menilai, kurban yang dilaksanakan merupakan wujud nyata kepedulian sosial kepada masyarakat di masa pandemi yang belum juga berakhir.

“Jadi dengan peringatan Hari Raya Iduladha ini mari kita tingkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, menjalankan semua perintah Allah SWT dengan keimanan dan keikhlasan, serta tinggalkan jauh-jauh segala yang menjadi larangan-Nya,” ungkap Hadi Tjahjanto.

Pada Iduladha kali ini, Kementerian ATR/BPN mendapatkan amanah hewan kurban sebanyak 53 ekor sapi dan 10 ekor kambing dari shohibul kurban yang berasal dari jajaran Kementerian ATR/BPN di tingkat pusat maupun daerah, serta dari Keluarga Besar Alumni Pendidikan Tinggi (KAPTI) Agraria.

Adapun penyaluran daging kurban diberikan kepada lembaga, yayasan, dan pondok pesantren mustahik di beberapa wilayah di Indonesia.

Jurnalis: Agung