Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto,dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 di Ritz Charlton, Jakarta, Selasa (26/5/2022). Dok: IP/ Agung

JAKARTA – Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ( ATR/BPN) meluncurkan Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 di Ritz Charlton, Jakarta, Selasa (26/5/2022).

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menjelaskan Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan merupakan loket yang dikhususkan untuk pemilik tanah yang mengajukan pelayanan pertanahan secara langsung tanpa melalui kuasa.

“Program PELATARAN dilakukan pada hari Sabtu-Minggu khususnya bagi Kantah (Kantor Pertanahan) yang memiliki kriteria kantah yang berkedudukan di Ibu Kota Provinsi dan Kantah dengan rata-rata jumlah layanan diatas 2.000 berkas per bulan,” kata Hadi saat konferensi pers Rakernas 2022 di Ritz Charlton, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Lebih jauh ia mengatakan total Kantah yang akan membuka pelayanan akhir pekan berjumlah 107 Kantah.

Dalam Rakernas 2022 ini, diluncurkan juga hotline bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan pada nomor Whatsapp berikut: 0811-1068-0000.

Dia menyebut pada Rakernas ini, Kementerian ATR/BPN juga melibatkan perwakilan dari aparat penegak hukum.

“Sehubungan dengan upaya penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan pihak Kementerian ATR/BPN akan melibatkan perwakilan dari Mahkamah Agung (MA), Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri),” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho