deklarasi Calon Presiden (Capres) 2024 di Tower NasDem, Jakarta, Senin (3/10/2022). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutip peribahasa dari Aceh terkait niat yang menjadi kenyataan usai resmi diusung NasDem menjadi calon presiden di Pemilu 2024.

Anies menyampaikan hal itu dalam acara deklarasi Calon Presiden (Capres) 2024 di Tower NasDem, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Anies pun berharap keinginan luhur dan cita-cita NasDem dalam kontestasi politik lima tahunan bisa tercapai.

“Insyaallah, niat baik keinginan luhur yang menjadi cita-cita kita akan bisa tercapai sebagaimana kata orang Aceh, jada wa jadi, meunan ta pinta, meunan jadi. Kira-kira artinya ‘begitu niat langsung jadi, apa yang diinginkan semoga segera terjadi’,” kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta ini berharap perjalanan menuju Pilpres 2024 tak menjadi perjalanan yang berat, melainkan perjalanan yang diringankan.

“Sekali lagi dengan segala kerendahan hati, dengan memohon doa dari semua, dengan berharap rida petunjuk dan inayah dariNya, Insyaallah perjalan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat, tapi menjadi perjalanan yang ringan, perjalanan yang penuh kemudahan darinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anies memberikan sinyal akan melanjutkan program pembangunan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia berkata selalu ada unsur keberlanjutan dan perubahan dalam setiap transisi kepemimpinan.

“Pembangunan di Indonesia berjalan sudah amat sangat panjang dan berkesinambungan dari satu kepemimpinan ke kepemimpinan berikutnya, ada continuity dan ada change, dan itu adalah naturenya sebuah proses pembangunan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia,” jelas Anies.

Anies juga menyatakan akan menjalankan pesan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk selalu berpegang pada faktor keberlanjutan dan perubahan dalam pembangunan.

“Selalu akan terjadi continuity and change dan itu juga yang dipesankan oleh Pak Ketua Umum ketika membicarakan tentang ke depan dan Insyaallah itu yang akan dipegang,” ujarnya.

NasDem resmi mendeklarasikan Anies sebagai capres Pemilu 2024. Deklarasi diumumkan secara langsung oleh Surya di Kantor DPP Partai NasDem, Senin (3/10).

“Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat,” kata Surya.

Jurnalis: Agung Nugroho