Presiden Joko WIdodo didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Habib Luthfi bin Yahya saat melepas Kirab Merah Putih di Istana Negara. Dok: ist

JAKARTA – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono merespons kabar Presiden Jokowi yang tidak menyalami Kapolri pada, Rabu (5/10/2022).

Sebelumnya, beredar video Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyalami Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat perayaan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Heru menegaskan, tidak ada masalah apa pun dari kejadian yang ada dalam video tersebut. “Enggak ada masalah,” kata Heru Budi Hartono kepada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Dia menyebut, Presiden Jokowi telah menyalami Kapolri dan semua pejabat negara yang hadir sebelum upacara dimulai. Bahkan Presiden menyapa Kapolri pada saat itu.

“Kan di mimbar utama sebelum upacara, semua sudah disalamin. Dan yang di video itu Pak Presiden menyapa Pak Kapolri,” ucap Heru Budi Hartono.

Sebagai informasi, video yang memuat momen Presiden Jokowi tidak menyalami Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi viral di media sosial. Setelah menyaksikan parade defile TNI dari atas mimbar utama yang berada di depan Istana Merdeka, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Utara, Jokowi terlihat menghampiri Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang juga duduk diatas mimbar utama bersama para pejabat negara lainnya.

Dalam video tersebut, Jokowi menyodorkan tangannya untuk bersalaman dengan Andika Perkasa. Lalu, Andika membalasnya dengan hormat militer terlebih dahulu, baru membalas uluran tangan Jokowi.

Di sebelah kiri Andika Perkasa, berdiri Kapolri. Setelah bersalaman dengan Andika, Jokowi hanya menyapa tanpa menyalami Listyo.

Kejadian itu terlihat biasa saja. Namun, tindakan Jokowi yang lanjut bersalaman dengan kepala staf dari 3 matra TNI, yaitu Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, menimbulkan keheranan publik.

Apalagi sesudah itu, Jokowi menerima ajakan berfoto bersama masyarakat yang hadir menyaksikan parade defile TNI.