Pengacara Hotman Paris. Dok: ist

JAKARTA – Kuasa Hukum Irjen Teddy Minahasa, Henry Yosodiningrat mengundurkan diri. Henry mengaku kini   tidak lagi menjadi pengacara petinggi Polri itu sejak Jumat (21/10/2022).

Henry mengaku banyak alasan yang tidak bisa disebutkan.

“Ada sejuta alasan kenapa saya mundur,” kata dia kepada wartawan, Senin (24/10/2022).

Kabar mundurnya Henry mulai menyebar sejak kemarin Hotman Paris Hutapea menyatakan akan mendapingi Teddy Minahasa sebagai kuasa hukum. Namun Hotman tidak mengetahui apakah posisi Henry masih menjadi pengacara petinggi Polri tersebut.

Henry menyampaikan pengunduran dirinya setelah berdiskusi bersama Teddy Minahasa. Kesepakatan yang tercapai antara keduanya adalah Henry berpamitan sebagai kuasa hukum. “Dari diskusi saya dengan Teddy Minahasa kami sepakati yang terbaik, yaitu saya mundur,” ujarnya.

Pekan lalu, Henry bersedia menjadi kuasa hukum perwira Polri tersebut. Dia mendengar langsung dari Teddy bahwa eks kliennya itu bukan pengguna atau pengedar narkoba.

Kemarin, Hotman Paris Hutapea telah menerima kuasa dari Teddy Minahasa. Dia mengatakan sudah ditawari sejak kasus peredaran narkoba yang menjerat perwira tinggi itu muncul.

Namun Hotman belum menerima karena sedang sibuk di Bali. “Benar sudah resmi. Secara de facto sejak kemarin tapi kalo surat kuasa udah resmi per hari ini (Minggu),” ucap Minggu (23/10/2022).

Meski begitu, Hotman belum merinci soal perkembangan kasus yang menjerat Teddy. Selama ini, dia mengetahui kabar perkara kliennya melalui asisten.

“Selama ini asisten saya yang temui dia. Tapi yang jelas aku kenal TM jauh sebelum corona, waktu dia masih Karopaminal Propam Polri,” ujar Hotman.