Fomepizole obat yang diklaim mampu sembuhkan pasien gagal ginjal akut. Dok: ist

JAKARTA – Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril menyampaikan jika Fomepizole dapat menyembuhkan gagal ginjal pada anak.

“Di RSCM, 10 dari 11 pasien yang telah diberikan Fomepizole bisa terus mengalami perbaikan secara klinis” kata Syahril, Selasa (25/10/2022).

Dia mengungkapkan, setelah diberikan obat Fomepizole, tidak ada kematian dan tidak ada perburukan lebih lanjut. Pemeriksaan laboratorium menunjukan anak-anak itu bisa membuang air kecil atau air seni. Kadar Etilen Glikol dan Dietilen Glikol dari mereka tidak terdeteksi berbahaya.

“Kementerian Kesehatan telah bergerak cepat, di samping melakukan surveillance atau penyelidikan epidemiologi, terus melakukan penelitian-penelitian untuk mencari sebab-sebab terjadinya gagal ginjal akut,” ucap dia.

Dia mengatakan, pemerintah telah mendatangkan obat antidotum yang disebut dengan Fomepizole dari Singapura sebanyak 26 vial. Dan dari Australia sebanyak 16 vial. Selanjutnya pemerintah akan mendatangkan ratusan vial lagi dari Jepang dan dari Amerika Serikat.

Total sekitar 200 vial Fomepizole akan didatangkan pemerintah. Obat ini akan segera didistribusikan ke rumah sakit rujukan pemerintah di seluruh Indonesia.

“Obat ini gratis ya tidak berbayar bagi pasien.” pungkas dia.