Pemukiman warga tertutup abu vulkanik usai Gunung Semeru Erupsi, Minggu (4/12/2022). Dok: ist

JAKARTA – Awan panas guguran dari Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diguyur hujan abu vulkanik, Minggu (04/12/2022) siang.

Sejumlah relawan bersama petugas sejak Minggu siang hingga Minggu sore, mengevakuasi warga di sejumlah desa di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Salah satunya warga di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Dengan menggunakan motor dan mobil dan mempertaruhkan nyawa, mereka dengan sigap mengevakuasi warga ke arah kota.

Selain awan panas guguran abu vulkanik juga dilaporkan telah mengguyur sejumlah wilayah dengan intensitas cukup tebal, bahkan jarak pandang warga pun mulai terbatas hanya 15 meter saja.

Awan panas guguran sendiri dilaporkan masih terus terjadi dengan jarak luncur terjauh mencapai 12 km.

“Kalau jarak dari sini 10 kilometer, kalo dari pos pantau 5 kilometer dan warga sudah diungsikan semuanya ke tempat yang lebih aman,” kataSigi Raharjo, relawan dari PMI.

Hasil pemantauan petugas, aktivitas vulkanik Gunung Semeru meningkat sejak pukul 02.46 dini hari tadi.

Guguran sejumlah letusan juga terekam di seismograf pos pantau PVMBG. Sementara status gunung api tertinggi di pulau Jawa itu kini dinaikkan dari level tiga ke level empat atau awas.