Pos Polisi. Dok: IP

JAKARTA – Polda Metro Jaya menerjunkan 7.421 personel pada Operasi Lilin Jaya 2022 yang berlangsung dari 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Operasi ini dilakukan untuk pengamanan Hari Raya Natal dan perayaan Tahun Baru 2023.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut ribuan personel itu diterjunkan untuk mengamankan 1.385 gereja yang ada di DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

“Dibantu rekan-rekan dari TNI dan pemerintah daerah serta masyarakat tentunya, kita akan mengamankan itu semua,” kata Zulpan, kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Selain itu, kepolisian bersama TNI dan perangkat pemerintah daerah juga mengamankan sejumlah pusat keramaian pada malam pergantian tahun. Zulpan mengatakan berdasarkan rapat koordinasi Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Jaya 2022, diputuskan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menjadi lokasi puncak perayaan pergantian tahun.

Selain itu, sejumlah lokasi juga disiapkan untuk perayaan pergantian tahun, seperti Bunderan HI, Ancol, Kota Tua, Pantai Indah Kapuk, dan Setu Babakan. Sedangkan kawasan Monas tidak dibuka untuk umum pada malam pergantian tahun.

“Khusus untuk Monas sendiri ini memang tidak melaksanakan kegiatan. Jadi tidak dibuka untuk umum pada saat pergantian tahun,” katanya.