Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah menerima audiensi para pengurus klub sepak bola yang berkompetisi di liga 2 da 3 nasional di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (16/1/2023). Dok: Agung/IP

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah menerima audiensi para pengurus klub sepak bola yang berkompetisi di liga 2 da 3 nasional di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Zainudin mengatakan para pengurus klub sepak bola telah menyampaikan beberapa hal terkait dengan kompetisi di liga 2 yang sudah di umumkan untuk dihentikan.

“Setelah mendengarkan itu, pihak Kemenpora akan mecarikan jalan keluarnya,” kata Zainudin Amali saat konferensi pers di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Dia berujar akan berkomunikasi dengan pihak PSSI, Exco dan pihak yang terkait.

Untuk itu, dia berharap semua permasalahan ada jalan keluarnya dengan membangun komunikasi dengan berbagai pihak.

“Beberapa kali pihak Kemenpora melakukan hal yang sama (musyawarah), dan hari ini kita menerima pengurus sepak bola liga 2,” ucap dia.

Pengurus Klub Dorong Liga 2 Tetap Dilanjutkan

Manager Persipura Jayapura Yan Mandemas memberi apresiasi kepada Menpora yang sudah menerima dari perwakilan klub sepak bola liga 2.

“Jadi kehadiran kami ini secara spontan dan tidak terorganisir dengan baik. Dengan misi yang sama untuk mendorong agar liga 2 ini tetap berlanjut, maka itu perwakilan liga 2 mendatangi Menpora untuk menyampaikan aspirasinya,” ujar Yan.

Dia menjelaskan tujuan kedatangan pengurus klub sepak bola tersebut agar liga 2 ini tetap dilanjutkan. Terlebih kompetisi sudah berjalan.

“Dikarenakan kompetisi sudah berjalan dan menyisakan dua hingga tiga pertandingan lagi akan selesai pertandingan hingga masuk ke putaran kedua,” ucap dia.

Namun, kata Yan, pihak pengurus klub sepak bola akan taat dan patuh terhadap regulasi yang berlaku di PSSI. dan menjadikan aturan itu sebagai rujukan bagi semua klub .

“Sehingga jangan sampai ada keputusan keputusan yang dilahirkan diluar daripada aturan mainnya. Yang memang menjadi kewajiban bagi semua asosiasi klub untuk taat kepada federasi sepak bola PSSI,” jelas dia.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada Mepora untuk mencarikan solusi yang terbaik bagi semua klub liga 2.

“Dimana perwakilan dari wilayah timur, wilayah tengah, dan wilayah barat. Kita hadir disini untuk mempresentasikan dari harapan semua pemain,” pungkas dia.

Sebelumnya, Liga 2 2022-2023 sejatinya baru berjalan hingga babak penyisihan grup dan telah diberhentikan sejak insiden mengerikan di Kanjuruhan pada awal Oktober 2022 lalu.

Jurnalis: Agung Nugroho