Lima orang pelaku spesialis rumah kosong dan ruko kosong di daerah Pluit Selatan, di amankan Polsek Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (16/1/2023). Dok: Hum

JAKARTA – Kanit Reskrim Polsek Metro Penjaringan Kompol Harry Gasgari mengatakan pihaknya menangkap komplotan yang terdiri dari lima orang A (35), RH (39), D (37), SG (30), SN (37).

“lima orang pelaku spesialis rumah kosong dan ruko kosong di daerah Pluit Selatan, di amankan tanpa melakukan perlawanan saat melakukan aksinya,” Kata Harry saat diwawancara di Mapolsek Senin (16/1/2022).

Menurut Harry, penangkapan komplotan spesialis ini bermula dari laporan masyarakat setempat yang melihat bahwa adanya aktifitas yang mencurigakan dari salah satu ruko kosong.

Mendapat laporan tersebut, kemudian Tim Resmob Polsek Metro Penjaringan langsung mendatangi lokasi dan mendapati lima pelaku yang sedang melakukan aksinya bahkan sempat sembunyi di atap ruko.

“Dari keterangan pelaku mereka mengakui baru melakukan tiga kali pencurian ruko kosong tersebut selama dua minggu terakhir,” Kata Harry.

“Jadi pada aksinya yang ketiga di lokasi yang sama, tim kita mendapatkan informasi langsung menangkap pelaku,” Sambungnya.

Adapun dari penangkapan ini, Polisi juga mengamankan barang bukti yakni gulungan kabel, latar monitor, beberapa alat untuk melakukan pencurian seperti tang, dan alat lainnya. Dari perbuatannya, pelaku terancam pasal 363 soal pencurian pemberatan.

Jurnalis: Agung Nugroho