Konferensi Pers jelang perayaan 1 Abad Nu pada Selasa (31/1/2023). Dok: NU

JAKARTA – Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ishfah Abidal Aziz atau Gus Alex merespon pernyataan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyatakan berhak menikmati Mars 1 Abad NU.

“Siapapun berhak menikmati Mars 1 Abad NU dan memang didedikasikan untuk keberkahan bagi seluruh warga NU,” kata Guz Alex kepada Indonesiaparlemen.com, Selasa (31/1/2023).

Namun, kata dia, penggunaan Mars 1 Abad NU tidak untuk mendukung kepentingan kelompok politik tertentu yang sekedar ingin menumpang di perhelatan 1 Abad NU.

Bukan itu saja, Gus Alex menghimbau agar penggunaan Mars 1 Abad NU tidak untuk memanipulasi warga NU  untuk kepentingan politik sesaat.

“Berpolitiklah dengan kejujuran dan tanggung jawab. NU bukan milik partai tertentu,” ucap dia.

Meski begitu, Gus Alex enggan memberikan tanggapan lebih jauh tentang PKB. Dia menilai, reaksi seperti itu seolah menggambarkan pihak yang sedang kebingungan.

“Tidak perlu saya tanggapi lebih lanjut, nanti tambah bingung,” pungkas dia.

Sebelumnya, beredar video dengan tajuk acara “Sarasehan Satu Abad NU” yang digelar PKB menggunakan latar lagu Mars 1 Abad NU karya Gus Mus. Video ini diunggah di akun resmi DPP PKB.

Anggota Dewan Syura DPP PKB sekaligus Ketua Panitia ‘Sarasehan Nasional Satu Abad NU’ Taufik R Abdullah mengatakan semua warga NU berhak menikmati Mars 1 Abad NU. Apalagi, kata dia, PKB merupakan parpol yang dilahirkan oleh NU.

“Sekarang ada hal yang sifatnya simbolik, yakni Mars 1 Abad. Itu semua warga NU berhak juga ikut menikmati, mangayubagyo,” kata Taufik di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (30/1/2022).

Jurnalis: Dirham