Pengumuman dilakukan oleh Ketua KP Amir Burhanudin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa (31/1/2023). Dok: PSSI

JAKARTA – Komite Pemilihan (KP) resmi mengumumkan daftar nama calon sementara ketua umum dan wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Pengumuman dilakukan oleh Ketua KP Amir Burhanudin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa (31/1/2023).

Sebanyak lima bakal calon ketua umum PSSI dinyatakan lolos tahapan verifikasi yang dilakukan KP, terhitung sejak 22 Januari hingga 31 Januari 2023. Adapun untuk posisi calon wakil ketua umum PSSI, hanya 16 dari 21 bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat.

Ketua Komite Pemilihan PSSI Amir Burhanuddin menyatakan pihaknya telah melakukan verifikasi seluruh dokumen calon, serta para dukungan yang masuk mencalonkan orang-orang tersebut.

“Alhamdulillah Komite Pemilihan dapat melakukan tugasnya hingga sore ini bisa kami umumkan daftar calon sementara yang mana kami tuangkan dalam suatu surat keputusan, yang sudah diketahui semua,” ucap Amir.

“Dari nama-nama tersebut, Komite Pemilihan memutuskan, ada lima calon ketua umum yang kita putuskan telah memenuhi syarat,” lanjut dia.

Kelima bakal calon ketua umum PSSI yang sudah diketahui mengajukan diri atau mendapat pencalonan sebelumnya adalah La Nyalla Mahmud Mattalitti, Erick Thohir, Arief Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djemie Francis.

Dengan demikian seluruh nama yang telah masuk pada 19 Januari lalu berhak bersaing di Kongres Luar Biasa PSSI yang akan berlangsung pada 16 Februari.

Jurnalis: Agung Nugroho