Ketua Umum NaDem Surya Paloh usai bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2022). Dok: Golkar

JAKARTA – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tidak menutup kemungkinan bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP.

Hal itu dikatakan Paloh kepada wartawan usai pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto beserta jajarannya di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2023).

“Apakah akan mungkin bergabung dengan KIB? Ya sama-sama mungkin. Mungkin KIB juga bergabung dengan NasDem kan. Jadi kemungkinan itu masih terbuka,” kata Paloh.

Sementara itu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan lebih memilih bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ketimbang Ketum partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan seperti Partai Demokrat atau Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Paloh pun mengungkapkan alasannya lebih memilih Golkar ketimbang PKS dan Partai Demokrat.

Menurutnya Golkar adalah partai prioritas bagi partainya. Ia menyebut ada suatu romantisme dan sejarah perjalanan kehidupan pribadinya dengan partai berlambang beringin itu. Selain itu, ia juga menyinggung 43 tahun perjalanan karier politiknya di partai Golkar.

“Baiklah kenapa harus bertemu dengan Golkar? ya prioritas bagi NasDem. Ada satu romantisme, ada satu pegangan, sejarah perjalanan kehidupan saya pribadi dalam usia yang saya capai sampai saat ini, jenjang karir politik saya yang saya capai hari ini,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho