Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa (25/10/2022). Dok: Setkab

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan ke jajaran TNI-Polri menjelang Pemilihan Umum (Pemilu 2024) agar tidak terlibat politik praktis.

Jokowi menyampaikan hal itu saat menghadiri rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2023).

Sebelumnya, Jokowi ditanya mengenai apakah ada arahan soal soliditas TNI-Polri khususnya jelang tahun politik. Jokowi menjawab tidak sebab TNI-Polri telah mengetahui apa yang harus dikerjakan.

“Ndak, ndak ada. Saya kira TNI-Polri sudah tahu apa yang harus dikerjakan yang paling penting menjaga kondusifitas di tahun politik dan tidak terlibat dalam politik praktis,” ucap Jokowi kepada wartawan.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa salah satu yang akan dibahas dalam rapim yaitu pengamanan Pemilu 2024.

“Materi tentang pengamanan Pemilu, mengamankan agenda-agenda strategis nasional mulai dari investasi, pertumbuhan ekonomi, event-event nasional dan internasional serta menjaga stabilitas keamanan,” kata Dedi saat dikonfirmasi.