Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan di GBK, Jakarta, Jumat (10/2/2023). Dok: Golkar

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, kompak soal kemungkinan koalisi yang telah mereka bentuk dilebur menjadi satu.

Hal ini diungkapkan saat keduanya bertemu di Istora Senayan, Jakarta pada hari ini, Jumat, 10 Februari 2023.

Airlangga mengaku kedua partai dalam pertemuan tersebut sama-sama mengajak untuk bergabung ke koalisinya masing-masing.

“Dua-duanya mengajak. Jadi kalau dua-duanya bergabung, lebih kuat lebih baik. Dalam politik tidak ada yang tidak bisa dibicarakan,” kata Airlangga.

Golkar saat ini telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu, bermitra dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Di sisi lain, PKB bermitra dengan Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Senada dengan Airlangga, Muhaimin Iskandar turut menyambut baik jika KIB dan KIR bergabung jadi koalisi besar. Menurut dia, semakin banyaknya personel koalisi membuat proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lebih efektif dan makin baik.

“Kan yang paling penting adalah menyamakan visi, target, dan tujuan. Jadi kita berharap partai-partai samakan itu, sehingga kita betul-betul siap dalam mengambil langkah strategis,” ucap pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Jurnalis: Agung Nugroho