Habib Zein Assegaf atau Habib Kribo dalam acara kebangsaan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/2/2023). Dok: IP/Dirham

BEKASI –  Habib Zein Assegaf atau yang dikenal Habib Kribo menyebut Anies Bawesdan terkesan meminta-minta jadi pemimpin terkait pencalonannya sebagai presiden di pemilu 2024 mendatang.

“Minta-minta jadi pemimpin dan ambisi. Anies kan terlalu ambisi kesana kemari (minta dukungan),” kata Habib Kribo kepada Indonesiaparlemen.com usai menjadi pembicara acara kebangsaan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/2/2023).

Dia menilai, ketika Anies Bawesdan menjabat Gubernur di DKI Jakarta selama 5 tahun tidak ada hasil signifikan atas kinerjanya.

“Kalau saya (jadi) Anies tutup point aja lah. Jangan dipilih (jadi capres). Dia memimpin DKI itu dengan cara kotor menunggangi agama, mempolitisasi agama menjadi kuda politik,” ucap Habib Kribo.

Bukan hanya itu, kata Habib Kribo, Anies Bawesdan juga menunjukan diri sebagai pemimpin islam. Menurutnya tidak ada yang boleh menyatakan hal itu kecuali Nabi Muhammad.

“Bisa hancur nih agama, kalau dilekatkan oleh Anies,” ujar dia.

Habib Kribo juga menegaskan, jangan pernah berpikir mendirikan negara Islam karena Nabi tidak pernah mengajarkan tentang mendirikan Negeri agama.

“Nabi itu pemimpin Rahmatan Lil Alamin. Enggak ada klaim-klaim, enggak ada atas nama agama,” pungkas dia.

Jurnalis: Dirham