Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh

JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menepis anggapan yang menyebutkan Anies Baswedan tidak akan melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bila nantinya Anies terpilih sebagai presiden.

Menurut Surya Paloh, tidak ada alasan untuk tidak meneruskan pembangunan Jokowi yang memang telah berjalan dengan baik.

“Kita tidak mau agar jalannya pembangunan negeri kita ini harus terhenti karena tukarnya pergantian daripada pemimpin atau kepemimpinan nasional kita,” kata Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu, (5/3/2023).

Surya Paloh memastikan tidak ada pihak yang menginginkan program pembangunan tak berlanjut pada setiap pergantian kepemimpinan. Sebab, keberlanjutan pembangunan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan.

“Dan enggak ada yang mau seperti itu kecuali mereka yang barang kali berpikir dengan kepentingan-kepentingan yang tidak melihat suatu strategi yang jangka panjang dan kepentingan lebih besar,” ungkap dia.

Namun, perbaikan tetap harus dilakukan. Hal itu dianggap sebagai sebuah keniscayaan. “Perlu perbaikan? Jelas itu mutlak,” sebut dia.

Menurut dia, tidak ada kesempurnaan dalam setiap kepemimpinan bangsa. Sehingga, tugas pemimpin selanjutnya memperbaiki program yang sudah berjalan.

“Ada upaya-upaya perbaikan tapi menuruskan saya pikir itu suatu hal yang amat sangat rasional,” ujar dia.

Jurnalis: Agung Nugroho