Menteri Keuangan Sri Mulyani berada di balik kemudi mobil listrik Toyota Prius PHV Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) saat mengunjungi booth Toyota yang hadir di GIIAS 2019 di BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Dok: ist

JAKARTA – PT Angkasa Pura II angkat bicara terkait heboh mobil Menteri Keuangan Sri Mulyani yang masuk ke apron bandara. SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi menyampaikan bahwa dalam kondisi tertentu serta sesuai prosedur (SOP) yang berlaku antar-instansi.

Dia mengatakan terdapat kegiatan keprotokolan dalam penanganan VIP yang dijalankan oleh instansi-instansi terkait di bandara yang dikelola perseroan.

“Kegiatan keprotokolan yang dijalankan dipastikan sesuai SOP yang berlaku, termasuk mencakup antara lain pengaturan personel, perlengkapan serta penggunaan tanda Platform di kendaraan pada Daerah Keamanan Terbatas (DKT) dengan tetap mempertimbangkan keamanan dan keselamatan penerbangan,” kata Holik kepada Indonesiaparlemen.com, Minggu (26/3/2023).

Jagat maya dihebohkan dengansSebuah mobil Toyota Alphard warna hitam yang dikawal mobil Bea Cukai terlihat masuk apron Bandara Soekarno Hatta pada 22 Maret 2023. Ternyata mobil Alphard itu ditumpangi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Dari foto yang beredar, mobil Alphard Menkeu itu terlihat melaju di sisi udara (airside) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.50 WIB, hari Rabu (22/3/2023).

Di bagian depan adalah mobil patwal berwarna hitam berpelat merah dan bagian belakang adalah mobil Bea Cukai. Ketiga mobil itu mengarah keluar bandara.

Diduga mobil patwal berwarna hitam berpelat merah itu bukan mobil patwal bandara. Biasanya mobil-mobil yang beroperasi di airside bandara adalah mobil-mobil berwarna cerah dan bukan berpelat merah.

Jurnalis: Agung Nugroho