Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat jumpa pers, Rabu (8/3/2023). Dok: Puspen TNI

JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono merotasi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menjadi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menggantikan Laksamana Muda Kisdiyanto.

Sedangkan Laksda Kisdiyanto akan menempati jabatan baru sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Politik Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Hal itu tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/338/III/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 29 Maret 2023.

Sementara jabatan Kadispenal yang ditinggalkan Julius digantikan oleh Kolonel Laut I Made Wira Hady Arsanta W.

Yudo tengah melakukan mutasi besar-besaran di tiga matra TNI. Sebanyak 219 perwira tinggi dan menengah dimutasi.

Posisi strategis yang turut dimutasi ialah penunjukkan Brigjen Deddy Suryadi sebagai Danjen Kopassus. Sementara, pejabat lama Danjen Kopassus, Mayjen Iwan Setiawan ditunjuk menjadi Pangdam XII/Tanjungpura.

Yudo juga menunjuk Kolonel Pnb Taufiq Arasj yang selaku Komandan Lanud (Danlanud) Atang Sendjaja yang baru menggantikan Marsekal Pertama Suliono yang didapuk sebagai Dirjian Kodiklatau.

Selain itu, terdapat tujuh Komandan Resor Militer (Danrem) di Angkatan Darat (AD) juga turut dirotasi.

Salah satunya, Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta yang kini dijabat oleh Brigjen Joko Purnomo menggantikan Brigjen Puji Cahyono yang ditunjuk menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI.

Jurnalis: Bambang Santoko