Foto: Ilustrasi

JAKARTA – Garuda Indonesia dan Citilink menyiapkan sedikitnya 1,2 juta kursi penerbangan untuk rute domestik dan internasional pada Lebaran 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan optimalisasi kapasitas produksi dilakukan melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar hingga peningkatan frekuensi penerbangan.

“Komposisi ketersediaan kursi Garuda Group tersebut terdiri dari sedikitnya 518.856 kursi yang akan disediakan oleh Garuda Indonesia. Sementara Citilink, kata Irfan, akan mempersiapkan 722.080 kursi,” ujar Irfan dalam keterangan resminya, Minggu (2/4/2023).

Angka ketersediaan kursi penerbangan Garuda Indonesia Group di periode Lebaran kali ini meningkat sebesar 45 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Adapun kapasitas penerbangan Garuda Indonesia akan dioptimalkan di sejumlah rute-rute yang memiliki permintaan tinggi seperti Jakarta – Padang, Jakarta – Semarang, Jakarta – Solo, Jakarta – Yogyakarta, Jakarta – Denpasar.

“Tentunya potensi peningkatan di berbagai rute lainnya akan terus bergerak dinamis menyesuaikan kebutuhan pergerakan masyarakat jelang perayaan Idulfitri mendatang,” tuturnya.

Irfan juga memprediksi puncak arus mudik pada tahun ini akan terjadi pada 20 April. Sementara puncak arus balik diprediksi terjadi pada 26 April.

“Kami tentunya akan terus memantau perkembangan pergerakan penumpang dan menyiapkan berbagai langkah antisipatif jika terdapat peningkatan pergerakan penumpang pada periode tersebut,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho