Eks Pejabat DJB Rafael Alun Trisambodo ditahan KPK, Senin (3/4/2023). Dok: ist

JAKARTA – Muncul kabar terkait dugaan 25 artis terlibat dalam kasus gratifikasi yang menjerat mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. Atas kabar itu, KPK membuka peluang untuk mendalami lebih lanjut.

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri menyampaikan, segala informasi yang diterima oleh KPK pasti akan didalami. Pendalaman diperlukan demi mengusut tuntas kasus yang menjerat ayah Mario Dandy Satriyo itu.

“Kami pasti dalami segala informasi dan data yang diterima KPK. Termasuk mengenai dugaan keterlibatan pihak lain pasti nanti juga akan dikonfirmasi kepada para saksi dan tersangka,” kata Ali kepada wartawan, Rabu (5/4/2023).

Hanya saja, KPK belum mengetahui info lebih lanjut soal dugaan keterlibatan 25 artis dalam kasus Rafael Alun. Ali hanya memastikan, pihaknya akan melakukan pendalaman di proses penyidikan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta aparat penegak hukum khususnya polisi dan KPK untuk mengungkapkan semua artis yang diduga terseret dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Rafael Alun Trisambodo.

Dari hasil temuan Indonesian Audit Watch (IAW) disebutkan tidak hanya artis inisial R tapi ada artis lain yang jumlahnya mencapai 25 artis termasuk 3 band besar terlibat dalam TPPU Rafael Alun tersebut.

“Nama-nama artis yang diduga terseret ini cukup banyak sekali, sampai ketemu angka 25 orang itu kan luar biasa berarti permainannya. Jadi mohon usut sampai tuntas seluruh pihak-pihak yang diduga terlibat,” ujar Sahroni kepada wartawan, Senin (3/3/2023).