Marsekal (Purn) Hadi Psai menghadiri acara HUT TNI AU Ke-77 dengan tema “Profesional, Modern, dan Tangguh sebagai Angkatan Udara yang disegani di Kawasan” kepada wartawan, di Lapangan Udara Halimperdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023). Dok: Ip/Agung

JAKARTA – Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyebut TNI AU saat ini semakin profesional, modern dan tangguh.

Hal itu dikatakan Marsekal (Purn) Hadi usai menghadiri acara HUT TNI AU Ke-77 dengan tema “Profesional, Modern, dan Tangguh sebagai Angkatan Udara yang disegani di Kawasan” kepada wartawan, di Lapangan Udara Halimperdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023).

“Sehingga personil yang terpilih mampu mengawaki baik organisasi maupun alutsista. Untuk pembinaan logistiknya sendiri sudah dibangun sedemikian baik,” kata mantan panglima TNI itu.

Oleh karena itu, kata Hadi, alutsista dalam kondisi prima dan siap untuk melaksanakan operasi.

“Profesionalisme dalam melaksanakan tugas dalam proyeksi kekuatan baik operasi peran dan operasi militer selain perang. Operasi militer selain perang tersebut harus segera disiapkan dalam rangka menghadapi (badai) El-Nino yang sebentar lagi terjadi,” ucap Hadi.

Hadi juga mengatakan, kemungkinan kebakaran hutan itu terjadi bisa diantisipasi sedini mungkin dengan kekuatan angkatan udara.

“Operasi militer perang diharapkan untuk keamanan wilayah udara nasional terus dijaga dengan kekuatan udara yang mumpuni. Personil yang mengawaki alutsista dan organisasi,” ujar Hadi

Namun dalam menghadapi geopolitik saat ini, Hadi menilai kegiatan yang direncanakan untuk menghadapi hal tersebut baik ancaman global maupun ancaman regional.

“Sehingga semua di setting sedemikian rupa dan perkembangan reweis itulah yang menjadi acuan tentunya kebijakan dari Kementerian Pertahanan, dan Mabes TNI,” pungkasnya.

Jurnalis: Dirham