Panglima TNI Laksamana Yudo dalam acara HUT TNI AU Ke-77 dengan tema “Profesional, Modern, dan Tangguh sebagai Angkatan Udara yang disegani di Kawasan”, di Lapangan Udara Halimperdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023). Dok: IP/Agung

JAKARTA- Panglima TNI Yudo Margono mengatakan bahwa dunia telah mengahadapi tantangan yang sangat berat setelah diterpa virus covid-19.

Hal itu dikatakan Laksamana Yudo dalam acara HUT TNI AU Ke-77 dengan tema “Profesional, Modern, dan Tangguh sebagai Angkatan Udara yang disegani di Kawasan”, di Lapangan Udara Halimperdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023).

“Dunia saat ini sedang diterpa krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial. Perang Rusia dengan Ukraina semakin memparah keadaan situasi geopolotik secara umum penuh dengan ketidapastian dan semakin memanas,” ucap Yudo

Laksamana Yudo mengatakan dalam menghadapi situasi tersebut TNI Angkatan Udara (AU) sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus selalu beradaptasi dan bersiap dengan berbagai kemungkinan skenario.

Disisi lain Yudo menjelaskan TNI AU harus siap menjadi garda terdepan dalam menghadapi berbagai krisis yang mengancam bangsa. Para prajurit dirgantara.

“Dalam peringati HUT TNI tema tersebit menunjukan komitimen TNI Angkatan Udara untuk terus selalu meningkatan kemanpuannya dalam rangka menghadapi spectrum ancaman yang semakin kompleks,” ujar Yudo

Dia meminta kepada seluruh prajurit angkatan udara untuk selalu bersikap profesional.

Ia pun menjelaskan bahwa tugasnya memiliki resiko yang tinggi sehungga meskipun angkasa dijadikan tempat bertugas.

“TNI Angkatan Udara harus secara bertahap melanjutkan pembangunan kekuatan untuk menjadi angkatan udara yang modern. Bangun selalu kemampuan untuk menjadi angjatan udara yang siap setiap saat untuk diproyeksikan dalam.menghadapi beragam potensi ancaman dan gangguan,” tegas Yudo

Menurutnya, dengan bekal profesional, modern dan tangguh dia yakin bahwa TNI AU akan mampu menjadi kekuatan yang disegani di kawasan.

“Kekuatan yang mampu dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah setiap saat. Presiden Soekarno pada hari ulang tahun ke-9 tahun 1955 pernah berpesan kuasai udara intuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern. Pesan tersebut masih relevan hingga saat ini dan menunjukan betapa vitalnya peran TNI Angkatan Udara,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung/Dirham