Yudo kepada wartawan usai acara HUT TNI AU Ke-77, di Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (9/4/2023). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampaikan strategi pertahanan untuk menjaga Ibu Kota Negara (IKN).

Hal itu dikatakan Yudo kepada wartawan usai acara HUT TNI AU Ke-77, di Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (9/4/2023).

Yudo menyebut beberapa langkah dari TNI sudah dilakukan menjelang perpindahan Ibu Kota Negara.

“Untuk IKN tetap tadi yang sudah kita rencanakan, di mana IKN nanti kan markas besar juga di sana dan juga satuan-satuan di bawahnya, sedang kita susun,” kata Yudo

Dia menyebut pihaknya sudah memetakan ancaman dan strategi di wilayah laut dekat IKN. Tiga matra hingga saat ini didorong pergerakannya untuk menyusun pertahanan di IKN, Kalimantan Timur.

“Mulai angkatan laut sudah saya susun tentang ancaman dari laut dan nanti ancaman dari tiga angkatan, baik ancaman dari darat, laut, udara akan kita susun strateginya untuk IKN, strategi IKN,” ujar Yudo.

Sementara itu, Yudo juga mengatakan akan ada penambahan alutsista di TNI AU. Pesawat yang telah usang akan diperbarui dengan yang baru.

“Ya dengan pertambahan situasi ke depan, kita tetap melaksanakan penambahan alutsista TNI AU, pesawat-pesawat yang ada dan juga pesawat-pesawat yang sudah tua mungkin akan diganti dengan pesawat yang baru dan juga mungkin pesawat yang rusak-rusak,” tutur Yudo.

“Tentunya dengan tadi saya sampaikan perkembangan situasi ke depan ya kita tetap melaksanakan perkuatan baik TNI AD, AL, maupun AU,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung/Dirham