Kepadatan kendaraan arus mudik di gerbang Tol Cikampek Utama, Jumat (21/4/2023) dini hari. Dok: Jasa Raharja

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo turun langsung meninjau situasi arus mudik pada Kamis (20/4/2023).

“Secara umum sejauh ini evaluasi pelayanan arus mudik di Tol Jakarta – Cikampek ke arah timur berjalan sangat baik. Ada kemajuan dibandingkan tahun lalu,” kata Menko Muhadjir dilansir berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (21/4/2023).

Sejumlah langkah antisipasi memang telah dipersiapkan pemerintah, mulai dari penambahan lajur jalan, rekayasa lalu lintas seperti contra flow atau one way dengan menyesuaikan kondisi kepadatan jalan, serta traffic counting yang dilakukan secara cepat dan akurat.

“Sampai sejauh ini dan mudah-mudahan sampai arus balik selesai nanti tidak ada kecelakaan fatal baik di jalan tol maupun arteri,” tuturnya.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menambahkan, pada H-3 Lebaran, jumlah kendaran yang melintas di Tol Jakarta – Cikampek mencetak rekor tertinggi dibanding arus mudik 2019 dan 2022.

“Pada H-3 mencapai angka 163.000 kendaraan. Naiknya sekitar 20 persen dibandingkan 2022 lalu,” ucapnya.

Jurnalis: Agung Nugroho