Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno. Dok: ist

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan alasan dirinya mengundurkan diri dari Partai Gerindra menggunakan surat resmi. Menurut Sandiaga, surat tersebut merupakan bagian dari etika politik yang dihormati dan dipatuhinya.

“Tentu semua harus ada mekanisme, administrasi, etika, hormat kepada yang saya sangat teladani Pak Prabowo,” ujar Sandiaga di Kediaman Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, di Kuningan, Jakarta, Minggu (23/4/2023).

Dia mengaku surat tersebut ditujukan kepada Prabowo Subianto selaku Ketum Partai Gerindra dan diserahkan melalui Sufmi Dasco Ahmad. Dia mengaku surat tersebut bersifat rahasia namun terdapat poin pengalamannya berjuang bersama Prabowo di Partai Gerindra.

“Beliau negarawan dan saya berjuang bersama Pak Prabowo dan apa yang saya rasakan saya tuangkan di surat itu dan saya sampaikan ke Pak Dasco,” tandas Sandiaga.

Pada tempat yang sama, Dasco mengakui dirinya sudah menerima surat dari Sandiaga. Namun, Dasco belum membuka surat tersebut sehingga belum bisa menyampaikan isinya kepada awak media dan masyarakat.

“Saya belum buka suratnya. Suratnya belum saya buka. Nanti kalau kita sudah buka, kan itu mesti Ketua Umum yang buka, nanti setelah saya sampaikan ke ketum, nanti kita akan sampaikan,” ungkap dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno berpamitan secara resmi dari Partai Gerindra pada hari kedua lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. Dia pamit kepada Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan juga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di sela-sela acara halal bihalal di Kediaman Dasco, Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta, Minggu (23/4/2023).

“Saya sempat ngobrol tertutup sama Bang Dasco, saya sampaikan beberapa pemikiran sekaligus juga kalau ada kesalahan selama ini, mudah-mudahan tentunya di momen lebaran ini terus pererat silaturahim, berjuang bersama. Intinya mohon pamit,” ujar Sandiaga.

Pada kesempatan itu, Dasco membenarkan apa yang disampaikan Sandiaga. Bahkan, kata dia, Sandiaga juga sudah meminta maaf kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Barusan kami (bersama Sandiaga) bicara panjang lebar, tentang beberapa hal yang memang sudah jauh-jauh hari, ada wacana di publik dan tadi Pak Sandi juga sudah menyampaikan beberapa hal terutama permintaan maaf kepada Ketum,” pungkas Dasco.

Jurnalis: Agung Nugroho