Ribuan warga Nahdliyin yang berkumpul di luar stadion Gelora Delta Sidoarjo Jawa Timur dikejutkan dengan kehadiran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (7/2/2023). Dok: ist

YOGYAKARTA – DPP PPP secara resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) yang akan diusung partai itu pada Pilpres 2024.

“Partai Persatuan Pembangunan memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Umum Presiden 2024 yang akan datang ,” kata Plt Ketum PPP M Mardiono membacakan keputusan DPP PPP di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (26/4/2023).

Mardiono menyebut selama dua hari berturut-turut sebelum hari ini, elite partai itu telah menggelar rapat harian dan rapimnas di sana untuk membicarakan agenda membahas persiapan menghadapi Pileg dan Pilpres 2024.

Mardiono mengungkapkan partainya selama dua hari terakhir telah menggelar rapat majelis dan mahkamah partai serta pengurus harian untuk membahas soal rencana untuk pemilu, termasuk kesiapan bakal calon legislatif dan bakal capres-cawapres. Mardiono pun menekankan perlunya menjalin komunikasi dengan parpol lain maupun sosok yang dicalonkan.

Dia melanjutkan, jika capres yang diusung PPP sama dengan pilihan dua partai lain dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yaitu Golkar dan PAN.

Sebelumnya, dalam beberapa waktu terakhir, PPP pun disebut turut dalam peleburan KIB dalam bakal Koalisi Besar bersama Gerindra.

Jurnalis: Agung Nugroho