PPP resmi usung Ganjar Pranowo sebagai Capres di Pilpres 2024. Dok: PPP

YOGYAKARTA – Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono menyampaikan empat alasan Partai berlogo Kabah itu mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

Yang pertama, kta dia, PPP ingin melanjutkan dukungan politik kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 untuk menggantikan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Dukungan serupa, katanya pernah diberikan PPP saat mendukung Ganjar di Pilkada Jawa Tengah 2018.

“PPP telah mengantarkan beliau menjadi Gubernur Jawa Tengah yang berpasangan dengan kader PPP Gus Taj Yasin,” kata Mardiono saat jumpa pers di Sleman, Yogyakarta, Rabu (26/4/2023).

Kedua, lanjut Mardiono, PPP ingin menitipkan kepada Ganjar politik amar ma’ruf nahi munkar diimplementasikan oleh negara. Apalagi, tutur Mardiono, Ganjar mempunyai darah Nahdlatul Ulama (NU).

“PPP yakin seyakin-yakinnya dengan kultur berasal dari keluarga NU, beliau (Ganjar) pasti memiliki visi yang hampir sama dengan PPP. Semoga Indonesia, yang didambakan oleh umat dan para pendiri bangsa ini dapat menjadi negeri baldatun tayyibatun warabbun ghafur akan mewujudukan secara dinamis, yakni negara yang kuat dan rakyat sejahtera lahir dan batin,” jelas dia.

Ketiga, PPP memandang kapasitas, integritas dan akseptabilitas Ganjar sangat layak untuk menduduki posisi sebagai pemimpin bangsa. Selain itu, kata Mardiono, dukungan popularitas dan elektabilitas telah dibuktukan oleh berbagai lembaga survei yang menempatkan Ganjar sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

“Keempat, secara historis Ganjar Pranowo merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan PPP, karena beliau mertuanya almarhum Bapak Haji Achmad Musadik Supriyadi pernah menjabat sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga pada empat periode pada tahun 1973 sampai tahun 1991. Selama lima periode menjabat sebagai DPRD Kabupaten dan satu periode anggota MPR dari PPP,” terang Mardiono.

Hingga saat ini, kata Mardiono, rumah mertua Ganjar Pranowo masih digunakan sebagai kantor cabang PPP di Kabupaten Purbalingga.

Tak hanya itu, lanjut Mardiono, kakak ipar Ganjar Pranowo, Nurul Hidayah saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga, sekaligus anggota Fraksi PPP DPRD Jawa Tengah.

Jurnalis: Agung Nugroho