Tim Koordinator Relawan Pemenangan Ganjar 2024 itu diketuai oleh Ahmad Basarah, Adian Napitupulu Wakil Ketua, Deddy Yevri Sitorus Sekretaris, dan Rizky Aprilia Wakil Sekretaris. Dok: PDIP

JAKARTA- DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mengumumkan pembentukan tim Koordinator Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo untuk Pemilu Presiden 2024.

Tim itu dibentuk melalui surat keputusan yang ditandatangani Puan Maharani Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan dan Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP.

Tim Koordinator Relawan Pemenangan Ganjar 2024 itu diketuai oleh Ahmad Basarah, Adian Napitupulu Wakil Ketua, Deddy Yevri Sitorus Sekretaris, dan Rizky Aprilia Wakil Sekretaris.

“Hari ini Mbak Puan Maharani mengeluarkan surat tugas … yang menugaskan Bapak Ahmad Basarah selaku koordinator dari relawan, kemudian bapak Adian Napitupulu sebagai wakil koordinator,” ucap Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Hasto menyebut penugasan Basarah dan Adian itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang sebelumnya telah menugasi Puan dan Prananda Prabowo sebagai tim pemenangan Ganjar.

Menurut Hasto, Adian dianggap berpengalaman dalam mengonsolidasikan para relawan sejak Pilpres 2014 dan 2019.

“Mengingat Pak Adian juga banyak dalam dua kali Pilpres 2014 dan 2019 mengkoordinir relawan, sehingga sudah membangunkomunikasi yang sangat baik,” katanya.

Selain Basarah dan Adian, PDIP juga menunjuk Deddy Yevri Hanteru Sitorus sebagai Sekretaris tim relawan. Lalu, Riezky Aprilia sebagai Wakil Sekretaris tim relawan.

“Dengan demikian ini merupakan bagian dari gerak cepat sambil partai terus membangun kerja sama partai politik dalam rangka sistem presidensial,” ucap Hasto.

Respon Cepat PDIP

Sementara itu Ahmad Basarah Ketua Tim Koordinator Relawan Pemenangan Ganjar 2024 menjelaskan, tim ini dibentuk sebagai respon cepat DPP PDI Perjuangan terhadap perintah Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP agar seluruh elemen partai bergerak pasca-pengumuman Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

“Penugasan ini adalah respon DPP partai atas perintah harian Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan saat mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP pada Hari Kartini 21 April 2023 lalu,” kata Ahmad Basarah

Lebih lanjut, soal kenapa Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Ganjar dibentuk lebih cepat dari tim pemenangan pemilu secara umum.

Basarah menegaskan untuk menampung aspirasi masyarakat yang sangat antusias memberikan dukungan kepada Ganjar di Pilpres 2024.

“Pasca Pengumuman Ganjar sebagai calon presiden, muncul antusiasme di tengah masyarakat yang sangat besar untuk mendukung pemenangan Ganjar dalam Pilpres yang akan datang,” tegas Basarah.

Basarah menyebut pengumuman dibentuknya tim Koordinator Relawan Pemenangan Ganjar sekaligus mengonfirmasi bahwa genetik politik PDIP adalah partai yang terbuka dalam bekerjasama membangun bangsa Indonesia.

“Genetik PDI Perjuangan sebagai partai yang terbuka, gotong royong, dan senantiasa ingin bekerja sama dengan siapa pun termasuk partai politik yang akan kerjasama dengan PDI Perjuangan, serta elemen masyarakat yang akan membentuk relawan,” pungkas Ahmad Basarah.

Jurnalis: Agung Nugroho