Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Widodo habiskan waktu selama satu jam berkunjung ke kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat, pada Kamis (27/4/2023) pagi. Dok: PDIP

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Widodo habiskan waktu selama satu jam berkunjung ke kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat, pada Kamis (27/4/2023) pagi.

Megawati sudah menunggu kehadiran Jokowi dan Iriana di depan kediamannya. Di teras, Megawati tampak didampingi Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyambut kedatangan mereka berdua.

Megawati bersalaman dengan Jokowi, kemudian berpelukan dan mencium pipi Iriana. Setelah itu, Megawati mempersilakan Jokowi dan Iriana memasuki ruang tamu untuk berbincang santai.

“Ibu Megawati menerima kehadiran Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di tengah masih suasana Lebaran, berhalalbihalal di kediaman Bu Mega pada hari ini,” kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (27/4/2023).

Hasto mengatakan, tradisi halalbihalal merupakan peringatan Lebaran yang sangat khas Indonesia. Dari sejarahnya, halalbihalal merupakan upaya yang digagas Proklamator dan Presiden ke-1 RI Ir. Sukarno bersama dengan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Abdul Wahab, di tahun 1948.

Dia menyebut, halalbihalal merupakan upaya mempererat persatuan dan persaudaraan. Semangat itu tampak dan terasa dalam pertemuan antara Megawati dengan Jokowi-Iriana.

“Saling maaf memaafkan, saling bersilaturahmi dan membangun semangat persaudaraan. Sebuah teladan baik bagi seluruh umat manusia pada umumnya dan rakyat Indonesia pada khususnya,” ujar Hasto.

Hasto melanjutkan, suasana silaturahmi juga dipengaruhi momentum politik nasional yang terjadi pasca-keputusan PDIP menetapkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, Megawati dan Jokowi tampak sangat akrab berbincang mengenai dinamika politik terkini pasca-diumumkannya pencapresan Ganjar.

“Jadi meski suasana Lebaran, kedua pemimpin tersebut berada dalam suasana yang akrab, juga berbincang-bincang mengenai dinamika politik pasca-penetapan capres Ganjar Pranowo. Semua nampak bergembira,” ungkapnya.

Hasto mengatakan pertemuan berlangsung selama satu jam. Usai pertemuan, Megawati didampingi Hasto melepas Jokowi dan Iriana.

Jurnalis: Agung Nugroho