Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga saat liburan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 22-25 April 2023. Dok: Setkab

NTT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga hampir mengkonsumsi buah berformalin saat liburan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 22-25 April 2023. Buntut kejadian itu, sejumlah restoran langsung disidak.

Kepala Loka POM Manggarai Barat Andirusmin Nuryadin mengatakan, ada sampel yang dinyatakan positif formalin. Namun sudah dipisahkan untuk tidak dihidangkan.

“Jika dinyatakan aman baru dihidangkan untuk presiden dan keluarga,” kata dia di Labuan Bajo, Kamis (27/4/2023).

Dia pun menyatakan komitmen BPOM untuk memastikan keamanan makanan Presiden Jokowi dan keluarga.

“Nanti pengujian dilakukan lagi, bergantung dari jadwal presiden kunjungan ke mana,” katanya.

Selain Formalin, ada sejumlah bahan makanan lainnya yang dipastikan tidak ada di makanan yang dihidangkan ke Jokowi.

“Parameter yang diuji adalah Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow dan hasil uji dikoordinasikan dengan paspampres untuk dinyatakan layak dihidangkan atau tidak layak dihidangkan,” kata dia.

BPOM melakukan food security pada beberapa titik kunjungan Presiden Jokowi dan keluarga. Di antaranya di tempat transit Bandara Komodo, Hotel Meruorah, Hotel Ayana, dan Puncak Waringin.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap restoran yang ada di Labuan Bajo. Hal untuk memastikan keamanan makanan yang akan disajikan kepada semua tamu yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN/ASEAN Summit pada 9 sampai 11 Mei 2023.

Hal ini juga menyusul sempat adanya makanan berformalin yang bisa dihindari oleh Presiden Jokowi.

“Tujuan utama sidak hari ini, kita ingin Labuan Bajo sebagai tempat aman dan nyaman terutama bagi tamu ASEAN Summit, supaya makanan disajikan di sini aman dari segi kesehatan,” kata Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng.

Sidak dilakukan pada empat restoran terkenal di Labuan Bajo, yakni Prima Rasa, Mai Cenggo, La Moringa, dan Kelan.

Yulianus mengatakan sidak akan dilakukan pada semua restoran di Manggarai Barat. Pasalnya, kegiatan internasional itu akan dihadiri oleh ribuan tamu delegasi baik dari luar negeri maupun dalam negeri sehingga semua tempat makan dan restoran akan dikunjungi.

Dalam sidak tersebut, petugas Loka POM Manggarai Barat melakukan uji makanan pada beberapa sampel makanan.

Jurnalis: Agung Nugroho