Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambangi kediaman Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD di Jakarta, Selasa (25/4/2023) dalam rangka Idulfitri. Dok: Kemenhan

JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan belum waktunya masuk ke arena bursa cawapres karena saat ini masih menjadi wewenang partai politik.

“Itu ‘kan permainan bolanya masih di partai politik lalu sekarang menjadi urusan masyarakat dan nanti ketemu di situ. Kita belum masuk ke arena itu,” ujar dia di Surabaya.

KMahfud MD disampaikan di sela silaturahmi dan halalbihalal di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (29/4/2023) malam, tersebut menyusul belakangan ini ramai diberitakan, serta disebut-sebut oleh banyak pengamat politik sebagai salah satu bakal cawapres yang dinilai potensial pada Pemilu Presiden 2024.

Sebelumnya, bertempat di kediamannya, Mahfud menyambut silaturahmi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam pertemuan tertutup.

Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra dipastikan akan kembali mencalonkan diri pada Pemilu presiden 2024. Pertemuannya dengan Menko Polhukam Mahfud MD dikabarkan dalam rangka sedang mencari pasangan cawapres untuk mendampinginya.

Mahfud berdalih pertemuan dengan Prabowo dalam rangka silaturahmi Lebaran.

“Saya diundang ceramah ke rumahnya di Hambalang. Tidak ada lamaran menjadi cawapres,” ujarnya.

Pada saat ini, Mahfud enggan menanggapi pertanyaan terkait dengan kesiapannya jika dilamar menjadi cawapres.

“Saya tidak bilang siap atau tidak siap. Itu nanti atau belum waktunya. Nanti saya bicara kalau sudah konkret saja,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho