KSPI bertemu Ganjar di Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, di Jalan Prapanca II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (1/5/2023). Dok: PDIP

JAKARTA – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) Andi Gani Nena Wea menyatakan dukungan penuh bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang. Ada sekitar 40 juta buruh akan mendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu.

“Sebagai Presiden KSPSI dan 10 ketua umum konfederasi, pertemuan ini semakin menguatkan kami sebagai konfederasi buruh terbesar di Indonesia untuk mendukung penuh secara all out mas Ganjar maju sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Andi usai bertemu Ganjar di Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, di Jalan Prapanca II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (1/5/2023)

Andi menyebut sebanyak 40 juta buruh bakal mendukung Ganjar Pranowo. Jumlah ini di luar 7,8 juta buruh migran.

“Total buruh di Indonesia menurut survei adalah 55 juta buruh formal, kalau kita kalikan dengan satu pasangannya itu sudah hampir 100 juta. Kalau saja 40% dukung Pak Ganjar berarti 40 juta bersama Pak Ganjar, belum lagi buruh migran, buruh migran ada sekitar 7,8 juta di luar negeri dan kita punya di Hong Kong juga di Taiwan,” jelas Andi.

Dia mengaku optimismis dukungan buruh ini bisa memenangkan Ganjar dikarenakan sebelumnya telah sukses memenangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

“Sangat optimismis. Kita sudah tiga kali memenangkan pemilihan. Satu Pilgub DKI bersama Pak Jokowi, Pilpres 2014 dan Pilpres 2019,” pungkas Andi.

Jurnalis: Agung Nugroho